Mengatasi WhatsApp Yang Pending

Aplikasi pesan instan populer WhatsApp Messenger (WA) yang dikelola oleh Facebook kini telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Aplikasi pesan instan yang dibuat oleh Jan Koum tersebut juga telah menggeser nama besar seperti BlackBerry Messenger (BBM).

Sejak didirkan pada 24 Februari 2009 lalu, fitur WhatsApp terus berkembang mulai dari notifikasi chat hingga sekarang dapat digunakan untuk update status dalam bentuk tulisan, gambar maupun video.

Meskipun telah populer sebagai aplikasi pesan instan yang sederhana, WhatsApp tak serta-merta tanpa masalah.  Berbagai masalah pernah kita alami dengan aplikasi WhatsApp, mulai dari pesan yang tidak masuk-masuk (pending) hingga update status yang juga tidak kunjung masuk.

Berikut ini kami rangkum cara mengatasi pesan WhatsApp yang pending.

Cek Koneksi Internet Pada Smartphone

Pastikan smartphone kamu terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil. Jaringan internet yang tidak stabil seringkali menyebabkan pesan pada aplikasi WhatsApp pending dan tak kunjung terkirim.

Matikan Fitur Hemat Baterai Pada Smartphone

Aktifnya fitur hemat baterai atau Batery Saver juga menjadi salah satu penyebab pesan WhatsApp pending dan tidak kunjung terkirim. Untuk itu cek apakah fitur hemat baterai pada smartphone kamu sedang aktif atau tidak. Fitur hemat baterai yang aktif akan menyebabkan mobile data secara otomatis off (mati) ketika layar smartphone mati, mobile data akan kembali aktif ketika layar dalam keadaan menyala.

Silakan matikan fitur tersebut dengan cara masuk pada Setting / Batery / Power Saving Mode (pastikan off).

Matikan Batery Saver

Hapus Chace Pada Aplikasi WhatsApp

Coba kamu hapus Chace pada aplikasi WhatsApp di smartphone kamu. Bisa jadi pesan WhatsApp pending disebabkan oleh memori yang penuh karena Chace aplikasi WhatsApp sudah terlalu besar.

Cara menghapus Chace masuk pada Setting / Application /  Application Manager / WhatsApp / Clear Chace.

Hapus Chace Aplikasi WhatsApp

Pastikan Aplikasi WhatsApp Sudah Versi Terbaru

Cara lainya adalah dengan melakukan pengecekan versi aplikasi WhatsApp di Google Play Store perlu dilakukan pembaharuan atau tidak, aplikasi yang belum diperbaharui akan menyebabkan pesan tidak terkirim.

Hapus Chat Yang Menumpuk

Chat yang menumpuk hingga ribuan atau bahkan puluhan ribu juga menjadi salah satu penyebab kenapa pesan tak kunjung terkirim. Pilih pesan lawas yang sudah tidak berguna dan hapus agar WhatsApp tidak lemot dan pending lagi.

Uninstal dan Install Lagi Aplikasi WhatsApp

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan pesan WhatsApp tak juga lancara atau masih pending, lakukan uninstall dan install lagi aplikasi WhatsApp di smartphone kamu. Bisa jadi ada yang error dengan aplikasi WhatsApp di smartphonemu.

Komentar Disini!