3 Sosial Media Yang Efektif Untuk Usaha

Dalam menjalankan sebuah usaha, seorang pengusaha tidak akan lepas dari kegiatan promosi. Kegiatan promosi bertujuan untuk memperkenalkan brand usaha dan produk yang dijual. Ada banyak cara yang digunakan untuk mempromosikan usaha, mulai dari cara konvensional dengan menyebar brosur, pasang banner di pusat keramaian kota hingga beriklan di koran-koran populer. Tetapi, cara-cara diatas saat ini tidak efektif dan cenderung menghabiskan banyak dana.

Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, kegiatan promosi dapat dilakukan melalui media sosial. Takarir memberikan referensi tiga media sosial yang tepat untuk dijadikan tempat promosi, ketiganya yakni Facebook, Instagram dan WhatsApp.

Ketiga media sosial yang dikelola oleh Mark Zuckerberg (CEO Facebook) itu masing-masing memiliki cara sendiri dalam melakukan kegiatan promosi. Berikut kami rangkum cara-cara untuk melakukan promosi di Facebook, Instagram dan WhatsApp.

1. Facebook

Facebook memiliki fitur iklan berbayar yang sering disebut Facebook Ads. Untuk menggunakan fitur ini, Anda diwajibkan untuk melakukan penambahan saldo terlebih dahulu. Penambahan saldo dapat dilakukan melalui kartu kredit maupun kartu debit bank lokal (Indonesia biasanya Bank Permata).

Dengan Facebook Ads, Anda dapat menentukan sendiri orang-orang yang ingin Anda jangkau dan sesuai dengan produk yang Anda jual. Anda dapat menentukan kota, umur hingga ketertarikan orang-orang yang ingin Anda jangkau. Semakin menarik dan luas jangkauan iklan Anda, maka harga iklan akan semakin murah.

Selain menggunakan fitur berbayar Facebook Ads, Anda juga dapat melakukan kegiatan promosi di Facebook secara gratis. Untuk promosi gratis di Facebook, Anda dapat memperkenalkan brand dan produk Anda melalui grup-grup Facebook yang sesuai dengan target pembeli produk Anda. Namun hati-hati dalam melakukan kegiatan ini, karena akun Anda rawan diblokir oleh Facebook karena dianggap melakukan spam. Pilih grup-grup yang berkualitas, dan jaga ritme posting Anda di grup.

2. Instagram

Dirilis 8 tahun yang lalu atau tepatnya tahun 2010, kini Instagram telah berkembang menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia. Menurut data dari Statista, pada bulan September tahun 2017 kemarin situs berbagi foto ini berhasil menggaet 800 juta pengguna aktif. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Instagram merupakan salah satu media sosial yang tepat untuk dijadikan tempat promosi.

Seperti halnya Facebook, untuk melakukan promosi di Instagram Anda juga dapat menggunakan fitur berbayar. Tetapi menurut saya fitur ini kurang efisien untuk digunakan dalam promosi usaha. Promo yang lebih tepat melalui Instagram dapat Anda lakukan dengan melakukan endorse atau paid promoted di akun-akun populer artis atau selebgram.

Endorse pada akun-akun selebgram sangat ampuh untuk digunakan dalam promosi usaha. Selain menambah followers akun usaha Anda, dengan melakukan endorse di akun yang lebih populer akan membuat brand Anda lebih dikenal dan semakin banyak yang bertanya mengenai produk yang Anda jual. Oh iya, jangan lupa ketika posting produk di Instagram sertakan hastag populer yang banyak dicari agar produk Anda banyak dijangkau.

3. WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan mirip dengan BBM, aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh Jan Koum sebelum akhirnya dibeli oleh Facebook pada tahun 2014 lalu. Pertama kali rilis WhatsApp hanya tersedia untuk perangkat iPhone milik Apple, hingga saat ini telah berkembang dan tersedia di perangkat Android.

Aplikasi yang lebih populer dengan sebutan WA ini sekarang telah memiliki pengguna lebih dari 1 miliar. Selain itu fitur-fitur WhatsApp juga telah berkembang. WhatsApp banyak digunakan untuk chat topik-topik yang private. Saat Anda melakukan iklan di Facebook dan Instagram, pastikan telah menambahkan informasi kontak WA.

Ketika sudah banyak kontak yang Anda simpan, Anda akan lebih mudah melakukan promosi menggunakan fitur update status dan broadcase messege dari WhatsApp. Sekali melakukan update status dan broadcase messege akan lebih banyak yang terjangkau dan sudah pasti tertarik dengan produk yang Anda jual.

Komentar Disini!