cara root android

Pernah dengar istilah rooting pada smartphone android ? apa itu dan bagaimana cara melakukannya ?

Rooting hp android adalah sebuah proses untuk memberikan izin penuh kepada user untuk melakukan kontrol terhadap subsistem OS android itu sendiri. dengan melakukan rooting pada hp android yang kalian miliki, maka akses terhadap sistem yang sebelumnya dibatasi oleh pabrik, menjadi terbuka dan bisa kalian kontrol sepenuhnya.

Rooting hp android ini, menjadi wajib untuk kalian lakukan apabila nantinya kalian menginstall aplikasi android yang mengharuskan akses root. Karena jika sebelumnya ponsel android kalian belum diroot, maka aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan bisa dibuka atau tidak bisa kalian gunakan. Adapun aplikasi yang membutuhkan akses root diantaranya adalah aplikasi Link2SD, Adblock Plus, Titanium Backup dan masih banyak aplikasi android lainnya.

Cara Root HP Android?

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk me-rooting hp android kalian. salah satu cara yang bisa kalian lakukan dan yang menurut saya paling simple adalah dengan menggunakan aplikasi android Framaroot. Dengan aplikasi ini, kalian bisa dengan mudah melakukan proses rooting hp tanpa membutuhkan PC sekalipun. Selain itu, sejauh yang saya ketahui, aplikasi framaroot ini juga bisa kalian gunakan untuk me-rooting semua merek hp android.

Apabila kalian tertaik untuk melakukan rooting ponsel android dengan aplikasi framaroot. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan.

Cara Root HP Android Semua Merek Tanpa PC Dengan Aplikasi Framaroot

1. Yang harus kalian lakukan pertama kali tentunya menyiapkan aplikasi framaroot dengan cara mendowload melalui google playstore dan menginstall nya pada hp android kalian.

2. Setelah aplikasi framaroot berhasil diinstall maka silahkan langsung saja buka aplikasi framaroot nya.

3. Pada saat pertama kali dibuka, aplikasii framaroot akan meminta kalian untuk memilih jenis aksi yang akan dieksekusi setelah root selesai. Pada opsi “select an action to execute after root”, silahkan pilih salah satu pilihan yang tersedia. Ada 3 pilihan yang bisa kalian pilih yaitu “install superuser”, “install supersu” dan “unroot”. Mengenai maksud dari ketiga pilihan ini silahkan kalian googling ya. Saya rasa ada banyak artikel di blog-blog lain yang telah membahas lebih dalam mengenai ketiga pilihan tersebut.

4. Setelah memilih salah satu dari 3 pilihan pada langkah nomor 3 diatas, maka kalian akan diminta lagi untuk memilih salah satu dari 2 pilihan proses root. Pilih saja salah satu dari “aragorn” atau “gandalf”. Apabila kalian ragu, maka saya sarankan untuk memilih opsi “gandalf”.

5. Selanjutnya proses rooting ponsel android dengan framaroot akan mulai berjalan. Silahkan kalian tunggu proses root nya sampai muncul notifikasi yang menyatakan rooting telah selesai. Lama proses rooting untuk tiap merek dan tipe ponsel mungkin akan berbeda-beda. Tunggu saja sampai selesai.

6. Setelah proses rooting ponsel selesai, kalian bisa menutup aplikasi framaroot dilanjutkan dengan merestar ponsel.

7. Setelah ponsel hidup kembali, silahkan cek apakah pada menu aplikasi ponsel sudah ada aplikasi supersu atau superuser. Jika ada, maka proses rooting ponsel andoid yang kalian lakukan sudah sempurna dan kalian pun bisa mulai untuk mengakses sistem atau menginstall aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses root.

Bagaimana? sudah dicoba?

Terbukti kan dengan mengikuti cara root hp android diatas ponsel kalian sekarang sudah ter-root? Kalian juga sudah bisa mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses kan?

Komentar Disini!