Cara Yang Benar Bersihkan Mata

Saat ada benda asing yang masuk ke mata, kamu pasti akan refleks mengucek mata. Sebaiknya hindari kebiasaan itu karena bisa membahayakan kesehatan mata. Meski tampaknya sederhana, mengucek mata bisa memicu masalah kesehatan yang serius, seperti misalnya glaukoma atau kerusakan saraf. Nah, berikut adalah cara yang benar dan aman untuk membersihkan mata.

1. Dengan air atau larutan garam

Bilas mata dengan air dingin atau larutan garam selama minimal 15 menit. Kamu bisa melakukan ini di atas wastafel atau di kamar mandi. Jika kamu mengenakan lensa kontak, copotlah dulu.

2. Mengedip-ngedipkan mata

Pertama, cobalah untuk meregangkan kelopak mata atas dan kelopak mata bawah. Kemudian kedipkan matamu berulang kali. Cara sederhana ini memungkinkan bulu mata untuk mengeluarkan kotoran dari mata.

3. Kompres dingin

Percikkan air dingin ke wajah dan mata. Kemudian ambil es batu dan bungkus dengan handuk bersih. Terakhir, letakkan itu pada kelopak mata yang tertutup. Cara ini cukup efektif dalam menghilangkan bengkak dan rasa gatal di sekitar mata.

4. Mengompres dengan irisan mentimun

Ini adalah salah satu solusi paling umum untuk menyembuhkan iritasi atau peradangan pada mata. Potong mentimun tipis-tipis, lalu masukkan ke dalam air es selama 10 menit. Selanjutnya, letakkan itu pada kelopak mata yang tertutup selama 10 menit.

5. Menggunakan kantong teh celup

Taruh kantong teh celup yang sudah diseduh pada mata yang kemasukan benda asing selama beberapa menit. Ulangi cara ini beberapa kali sehari untuk mengatasi iritasi ringan dan bengkak. Teh mengandung bioflavonoid yang dapat melawan infeksi virus dan bakteri. Asam tannic dalam teh juga ampuh dalam menghilangkan rasa gatal.

6. Air mawar untuk meredakan pembengkakan

Kamu bisa meredakan mata bengkak atau iritasi ringan dengan air mawar. Prosedurnya sederhana, cukup ambil bola kapas yang sudah dibasahi air mawar. Kemudian letakkan itu di atas mata dan diamkan selama sekitar 5 menit.

Jika keluhan yang kamu rasakan tak hilang setelah melakukan cara di atas, segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan medis.

Komentar Disini!