penyebab baterai cepat habis

Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis – Dibanding jenis ponsel biasa yang hanya bisa dimanfaatkan untuk berkirim pesan atau melakukan panggilan telepon, ponsel berjenis smartphone memang akan lebih boros dalam hal konsumsi daya baterai. Ini bisa dimaklumi karena banyak nya fitur-fitur yang melengkapi smartphone tersebut. Dengan banyak nya fitur, sudah barang tentu kita sebagai pemakai akan lebih betah berlama-lama menggunakan ponsel, yang berujung pada borosnya pemakaian baterai. Betul kan ?

Menyikapi hal diatas, saat ini telah banyak vendor aplikasi yang kemudian berlomba-lomba menciptakan aplikasi penghemat baterai ponsel berjenis smartphone. Mereka mengklaim, apabila kita menginstall aplikasi penghemat baterai buatan mereka, maka pemakain daya baterai oleh smartphone akan bisa lebih hemat. Benar atau tidak nya silahkan saja kalian coba.

Lebih lenjut mengenai baterai ponsel yang cepat habis ini, sebenarnya lebih bergantung dari tingkah polah perlakuan kita terhadap ponsel itu sendiri. Dari pada menginstall aplikasi penghemat baterai, lebih baik kalian hindari beberapa penyebab baterai ponsel cepat habis dibawah ini.

4 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

1. Level kecerahan layar terlalu tinggi

Tanpa kalian sadari, kebiasaan menggunakan level brightnes yang terlalu tinggi bisa menjadi penyebab dari borosnya pemakaian daya baterai oleh ponsel. Apalagi jika layar smartphone kalian berukuran sangat lebar, maka porsi daya baterai yang digunakan juga akan semakin besar. Oleh karena itu untuk mengurangi konsumsi daya baterai, sebaiknya kalian menggunakan level kecerahan layar yang tidak terlalu tinggi. Sesuaikan saja dengan kondisi cahaya yang ada di sekitar tempat kalian.

2. GPS selalu aktif

Fitur GPS yang terus-terusan diaktifkan juga menjadi penyebab baterai ponsel cepat habis. Beberapa aplikasi memang kadang akan menuntut kalian untuk selalu mengaktifkan GPS. Namun hal ini bisa kalian minimalisir dengan tidak mengaktifkan GPS pada waktu-waktu di mana memang kalian benar-benar tidak membutuhkan nya. Saat-saat kesibukan di kantor atau ketika sedang belajar di dalam kelas, adalah waktu-waktu yang sepertinya akan membuat kalian sejenak melupakan smartphone. Nah di waktu inilah kalian bisa mematikan fitur GPS.

3. Malas mengupdate OS

Selain membawa fitur baru, update OS juga biasanya akan memperbaiki permasalahan baterai yang ada pada OS sebelumnya. Oleh sebab itu, agar masalah baterai yang cepat habis ini bisa teratasi, biasakan agar kalian selalu melakukan update OS secara rutin.

4. Wifi on terus

Meskipun memiliki smartphone super canggih, adakalanya kita kehabisan kuota internet, dan disaat bersamaan, persediaan dana di dompet untuk membeli kuota juga semakin menipis. Nah untuk memenuhi hasrat online, biasanya kita akan langsung mondar-mandir mencari tempat tongkrongan yang ada fasilitas wifi gratisnya. Lalu setelah itu, fitur wifi ponsel pun akan kita aktifkan dan mulai ngonline via wifi.

Awas ! kebiasaan seperti ini memang akan sedikit menghemat pengeluaran kalian untuk membeli kuota internet. Namun sebaliknya, penggunaan fitur wifi yang terus on sepanjang hari, adalah penyebab dari borosnya baterai smartphone.

Itulah 4 hal penyebab baterai ponsel cepat habis yang sebaiknya kalian hindari. Intinya gunakanlah ponsel kalian dengan cara yang wajar dan tidak berlebih-lebihan.

Komentar Disini!